Penyebab Kerusakan Lingkungan menurut Islam

Bookmark and Share
Menurut Al-Quran, sebenarnya manusialah yang menyebabkan terjadinya kerusakan di bumi.
Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa segala kerusakan dibumi ini disebabkan oleh ulah manusia. Saya mencari arti dalam Al-Quran elektronik(agar lebih mudah) “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan kerena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali.”(QS. Ar-Ruum [30]: 41)
Manusia memang ditakdirkan  memiliki hawa nafsu yang membuat manusia menjadi serakah. Dengan keserakahan manusia saat ini yang menjadi-jadi, akhirnya menyebabkan kerusakan.



“(Allah) yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu Lihat sesuatu yang tidak seimbang?” (QS. Al-Mulk: 3)

Andaikata kebenaran itu menuruti hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini dan semua yang ada didalamnua. Sebenarnya Kami telah mendatangkan kepada mereka kebanggaan (Al-Qur’an) mereka tetapi mereka berpaling dari kebanggaan itu.”(QS. Al-Mukminun: 71)

Hampir seluruh masyarakat dunia saat ini dikuasai oleh Peradaban Barat, peradaban yang konsumtif, tamak, peradaban yang mengagungkan keduniaan. Banyak sekali teknologi-teknologi baru yang ditemukan akan tetapi sayangnya tidak dibarengi dengan ketakwaan, sehingga teknologi tersebut hanya digunakan untuk memenuhi hawa nafsu belaka.

Artikel ini bukan bermaksud sara, tetapi mencoba menyadarkan kita semua agar peduli terhadap lingkungan. Apabila manusia yang merusaknya, maka manusialah yang harus memperbaikinya :)

{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Admin Blog Ijo mengatakan...

wedeww... sumbernya langsung Al-Qur'an.. MANTAPZZ..

heryan mengatakan...

saya tidak ngarang.., tapi ada acuanya yaitu Al-Qur'an

Poskan Komentar

Kalau sudah baca jangan lupa kasih komentar ya ;)