Tentang Pencemaran Air

Bookmark and Share
http://guskhoyik.files.wordpress.com/2010/07/pencemaran-sungai.jpgKita pasti sudah mengetahui apa itu pencemaran air. Air kecoklatan atau bahkan hitam sudah menjadi pemandangan kita sehari-hari. Akan tetapi kita tidak peduli tentang hal ini. Pencemaran air sebenarnya sangat membahayakan makhluk hidup khususnya manusia sendiri. Ikan yang sudah kita konsumsi mungkin mengandung racun karena memakan limbah pabrik.


Pencemaran air terjadi karena aktifitas manusia yang mengurangi kualitas air. Pencemaran air terjadi di berbagai tempat, misal sungai, danau dan laut. Sumber pencemaran terbesar adalah dari limbah pabrik. Selain itu, limbah rumah tangga juga menjadi sumber pencemaran air. limbah rumah tangga dibedakan menjadi dua yakni limbah organik dan limbah anorganik. Limbah organik adalah limbah yang dapat diuraikan oleh bakteri seperti sisa buah-buahan, sayurand dsb. Sedangkan limbah anorganik adalah limbah yang tidak dapat diuraikan seperti kaca, besi, karet, kertas dll.

Lalu, bagaimana cara mengurangi pencemaran tersebut?
Upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak pencemaran air adalah sebagai berikut:
  1. Jangan biasakan membuang sampah di sungai. Kalau bisa manfaatkan sampah untuk didaur ulang.
  2. Gunakan metode grey water untuk penyaringan limbah laundry.
  3. Membuat IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah untuk industri/pabrik.
Tindakan pencegahan pencemaran air seharususnya dilakukan sejak dini supaya mendapat masa depan lebih baik. Namun lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali

Referensi : google.com, airminumisiulang.com




{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Admin Blog Ijo mengatakan...

Wah wah,, makasih infonya ya kang !!!

GlobalCooling! mengatakan...

tenkyu kang ;)

Posting Komentar

Kalau sudah baca jangan lupa kasih komentar ya ;)