Deforestasi di Indonesia dan Pengaruhnya

Bookmark and Share

Berkas:Riau deforestation 2006.jpgDeforestasi adalah kerusakan hutan yang menyebabkan berkurangnya kualitas dan kuantitas area hutan. Indonesia mendapatkan rekor dari Guiness Book of The Record sebagai negara yang memiliki daya rusak hutan tercepat sedunia sebesar 1,8 juta / tahun.

Deforestasi di Indonesia kebanyakan terjadi karena industri kayu yang menyalahgunakan HPH (Hak Pengusahaan Hutan) yang kemudian lebih menjerumus ke illegal logging atau pembalakan liar. Yang seharusnya 22 juta meter kubik/tahun seperti yang direkomendasikan oleh Departemen Kehutanan, penebangan hutan di Indonesia mencapai lebih dari 40 juta meter kubik per tahun.

Penyebab deforestasi terbesar nomor dua adalah konversi hutan atau pengalihan fungsi hutan menjadi perkebunan. Konversi hutan menjadi perkebunan telah merusak lebih dari 7juta hektar/tahun.


Lalu, apa dampak dari deforestasi?
Deforestasi memberikan dampak yang cukup besar bagi manusia. Rusaknya area hutan menyebabkan bencana seperti tanah longsor dan banjir. Selain itu, kelestarian flora dan fauna di Indonesia akan terancam. Terlebih fauna yang sudah sangat langka seperti merak, macan tutul, elang jawa dll.


Lalu? siapa yang bertanggung jawab akan semua ini? Tentu saja kita. Oleh karena itu, mari bersama-sama melakukan reboisasi. Bersama-sama menghijaukan lingkungan, dan bersama-sama mendinginkan bumi yang sudah sangat panas ini :)

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Anonim mengatakan...

mari tnam pohon dmi khidupan kita :D

Posting Komentar

Kalau sudah baca jangan lupa kasih komentar ya ;)